Mengganti Baterai HTC One X

image

Jadi sudah sebulan ini HTC One X kesayangan saya ngambek. Baterainya ngedrop abis, dipake browsing mati, nerima telpon mati, jadinya hanya SMS fungsi utamanya yang masih jalan T-T. Setelah konsultasi dengan menteri keuangan, diberi pilihan, ganti baterai dulu, kalau tetap ngadat boleh beli ponsel baru seharga bekas oneX. Akhirnya setelah browsing di forum agan agan, ketemu juga dengan penjual baterainya, pesan, tunggu dua hari dan siap pasang. Tapi ….. tapi ….. ternyata baterai oneX ini tidak removable, ya tidak begitu saja tepatnya.

Setelah brosang brosing akhirnya merangkum dan memutuskan untuk membongkar sendiri oneX kesayangan daripada kirim ke HTC Care di Jakarta dan menunggu entah berapa lama. Peralatan yang dibutuhkan sebetulnya tidak banyak. Seperti gambar di atas, yang dibutuhkan hanya pinset (opsional, kalau tangannya tidak tremor sebetulnya tidak perlu), SIM Card ejector (bawaan beli atau peniti biasa), kartu kredit/pick gitar/kartu wadah SIM Card (saya pakai yang terakhir), selotip biasa, selotip double tape, dan obeng keciiil. Oh iya, tentunya anda butuh baterai baru untuk dipasangkan.

Okay, langsung saja, setelah melepas SIM Card, langkah pertama adalah memisahkan tutup belakang dengan bagian utama. Caranya adalah letakkan bagian atas oneX pada telapak tangan dengan posisi layar menghadap anda (Seperti posisi mengetik dengan dua tangan, tapi dijungkir balikkan) seperti pada gambar dibawah .
image

Perlahan lahan tekan ujung bawah oneX dengan kedua jempol sampai ada sedikit bagian yang terpisah. Setelah itu gunakan kartu/pick untuk mengurut bagian samping sampai ke atas pelan-pelan. Proses ini memerlukan sedikit tenaga karena ada bagian yang direkatkan ke penutup belakang dengan double tape. Oh iya, agar lebih mudah saat merakit kembali, sebaiknya tombol power dan tombol volume anda rekatkan terlebih dahulu dengan selotip.

Setelah tutup belakang terpisah, anda akan mendapatkan bagian utama oneX seperti pada gambar dibawah.

image

Bagian yang dilingkari hijau adalah sekrup yang perlu dibuka, sedangkan bagian yang dilingkari biru adalah konektor yang perlu dilepaskan. Kedua hal ini perlu dilakukan untuk mencegah anda tidak sengaja memutuskan atau mematahkan sesuatu saat mengganti baterai. Setelah selesai, lepaskan penutup tembaga diatas baterai (tidak perlu semua, cukup bagian yang menutupi baterai saja), lalu congkel baterai dengan kartu/pick sampai terangkat. Seperti saat membuka tutup belakang, proses ini juga perlu tenaga karena ada bagian baterai yang direkatkan.

Setelah baterai dilepaskan, pasang baterai baru dan jangan lupa sambungkan konektor baterai dengan pasangannya. Kemudian rekatkan kembali penutup tembaga ke punggung baterai dengan double tape. Pasang kembali sekrup dan konektor lalu masukkan kembali bagian utama ke dalam tutup belakang dimulai dari bagian atas dulu.

Selesai.. mudah bukan? Mudah ditulis, saya yang masih cupu ini perlu dua jam untuk melakukannya, gara gara setelah dirakit kembali LCD tidak mau nyala. Akhirnya bongkar lagi dan ketemu kalau ada konektor yang terlepas (tidak betul betul lepas, masih nempel sedikit, baru ketahuan lepas waktu disentuh). Intinya adalah jangan terburu buru, amati posisi sebelum anda membongkar, dan pastikan semua pasti kembali ke posisi semula waktu dirakit.

Hehe selamat mencoba, dan ingat, perbuatan ini jelas menghanguskan garansi anda kalau anda akui 😛 (untung garansi saya memang sudah habis)

Credits dan thanks to: Xda Developers

Advertisements
This entry was posted in Gadget. Bookmark the permalink.

7 Responses to Mengganti Baterai HTC One X

  1. gde says:

    Gan,, bgian mana konektor k lcd? Hox ane layarnya ga mw nyala mngkin ad konektor yg k buka, heee

  2. swambara says:

    Gan….info beli bateri htc one x donk

  3. Pingback: Seberapa Penting Removable Battery Pada Gadget | emaerdei

  4. diar says:

    Gan kalo servis conektor cesan nya kira2 abis berapa ya?

  5. notz says:

    gan,,htc ane kok type nya htc one LV6500 ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s