Skill Yang Perlu Dimiliki Sebelum Berumah Tangga

Berumah tangga, tidak melulu harus diterjemahkan sebagai menikah. Ketika anda memutuskan untuk berumah sendiri (beli/kontrak/kredit) dengan atau tanpa tangga, sudah layaklah gelar berumah tangga disandang :D. Tapi ini bukanlah tulisan yang buang buang usia untuk membahas definisi, kalimat pembuka itu hanyalah disclaimer tentang konteks berumah tangga yang dimaksud dalam tulisan ini. Nah, sesuai judul, agar berumah tangga lancar, ada baiknya anda atau minimal salah satu penghuni rumah atau orang terdekat yang bisa dipanggil setiap saat menguasai skill-skill berikut:

1. Kelistrikan Dasar
Kelistrikan dasar meliputi kemampuan untuk memutus, menyambung, dan menghubungkan kabel listrik ke stop kontak. Selain itu perlu juga kemampuan untuk membongkar pasang stop kontak itu sendiri. Kemampuan ini menjadi penting karena akan sangat menyulitkan kalau anda harus menunggu memanggil tukang listrik hanya untuk mengganti/menyambung kabel di rumah yang dimakan tikus atau stop kontak yang jadi koloni semut dari planet Namec.
 
2. Ilmu Plumbing Dasar
Pipa wastafel bocor? Semprotan WC bocor? Pipa tandon putus sampai airnya muncrat mancur ke mana mana? Akan sangat lama kalau harus menunggu tukang ledeng datang. Setidaknya kita perlu paham dan bisa menyambung pipa, menggunakan sock, memasang isolasi pipa, melakukan instalasi keran air, mengencangkan dan mengendorkan pipa dengan kunci petekol (kunci pipa) agar tidak tergantung pada tukang ledeng.
 
3. Pertukangan Dasar
Meliputi cara menggunakan obeng, tang, gergaji, palu, dsb. Kenapa hal ini menjadi penting? Karena banyak hal-hal sederhana yang membutuhkan alat-alat ini yang dapat menghemat banyak uang dibanding memanggil tukang/service. Misal remote tv atau mainan anak anda tidak berfungsi karena baterainya habis, rugi sekali kan kalau harus memanggil tukang/service hanya untuk mengganti baterai yang sebetulnya cukup dibuka dengan obeng. Contoh lain misalnya mengganti baterai HP, menghemat waktu dan biaya kan 😀
 
4. Bongkar Pasang LPG
Kalau sudah menggunakan layanan gas yang langsung masuk ke rumah mungkin tidak akan mengalami masalah ini. Tapi bagi yang masih menggunakan tabung baik itu LPG, bright gas atau apapun, skill ini akan menjadi sangat penting. Memasang dan melepas regulator, memasang dan melepas klep tabung LPG, memasang dan melepas selang ke regulator maupun kompor, ini semua akan menjadi sangat penting agar kompor tetap menyala.
 
5. Mencuci
Terutama mencuci piring, clean up your own mess, apalagi kalau anda hidup sendiri atau bersama orang lain yang bukan pembantu. Mencuci pakaian pun begitu, penting untuk tahu bahwa deterjen itu bukan untuk diminum. Kalau ada mesin cuci juga penting untuk tahu bagaimana cara menggunakan mesin cuci itu, bukan dijadikan meja untuk alas gelas kopi.
 
6. Bersih-bersih
Menyapu, mengepel lantai, mengelap debu, membersihkan kamar mandi, dll. Hal ini penting kalau anda berencana tinggal lama dan ingin tetap sehat dan waras. Bayangkan apa yang terjadi kalau itu semua tidak dilakukan, tinggal pilih saja yang mana duluan antara jatuh sakit atau sakit jiwa :D.

 
Sebenarnya masih banyak skill-skill lain yang akan sangat mempermudah dalam berumah tangga, tapi 6 skill di atas saja sudah sangat menghemat dan mempermudah kehidupan rumah tangga kita.

Tentunya, kalau anda sultan yang tidak pernah ada masalah dengan uang dan punya banyak orang yang siap melakukan keinginan-keinginan anda, tidak masalah juga kalau tidak menguasai skill tersebut.

Pipa rusak? Telfon tukang ledeng.
Baju kotor? Laundry
Setrika? Panggil tukang setrika
Listrik mati? Mengungsi ke rumah cadangan sambil telfon tukang listrik

Bebas saja, namanya juga selera, berhemat atau tidak itu juga pilihan kok 😀

This entry was posted in Celoteh, sehari-hari and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s