Dudulator : Alternatif Sentuhan Saat Pandemi

Hidup di tengah protokol kesehatan yang ketat memang merepotkan. Sama halnya dengan di dunia IT, Security Equal Obscurity, mau aman ya harus rela repot. Salah satu kerepotan itu adalah kewajiban membersihkan tangan setelah menyentuh benda-benda yang berada di tempat umum atau tidak bisa dipastikan kebersihannya. Membersihkan tangan bisa dengan dua cara, mencuci dengan air mengalir dan sabun atau membasuh tangan dengan hand sanitizer. Banyak tempat yang telah menerapkan protokol kesehatan mewajibkan karyawan maupun tamu untuk membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum masuk. Apabila wastafel yang disediakan menggunakan keran yang tidak otomatis, makan proses cuci tangan akan dilakukan dua kali, menyabuni keran baru kemudian tangan. Solusi untuk masalah ini yang pertama tentunya menyediakan wastafel otomatis (dengan sensor atau dioperasikan dengan kaki), atau bisa juga menggunakan sebuah dudulator, alternatif solusi yang jauh lebih murah (tapi lebih sedikit repot tentunya).

Alat ini bentuknya sederhana dengan berbagai macam variasi bentuk, bahan, dan harga di pasaran. Sekilas mirip seperti kunci, ada yang sudut-sudutnya lurus (kebetulan yang saya miliki), ada yang melengkung, bahkan ada yang memiliki lebih dari satu ujung. Bahannya juga bervariasi, mulai dari plastik, akrilik, sampai logam dengan berbagai variasi ketebalan juga. Harganya di pasaran bisa didapatkan mulai dari Rp.20.000,- an sampai ratusan ribu tergantung faktor-faktor yang sudah disebutkan di atas tadi.

Untuk menekan tombol Lift

Saya akan mengulas tentang dudulator yang kebetulan saya miliki, saya beli dengan harga puluhan ribu, total damage tidak sampai satu lembar biru. Fungsi awalnya yang hanya untuk membuka gagang pintu dan keran air  ternyata berkembang menjadi banyak fungsi lain yang membuat saya makin cinta dengan barang ini. Sehari-harinya, selain fungsi yang disebutkan di atas, barang ini juga difungsikan untuk menekan tombol lift, tombol ATM (Anjungan Tunai Mandiri), gagang flush di kamar kecil, tombol flush pada urinoir, dan banyak fungsi lainnya lagi.

Lalu apa kelebihannya dibanding menggunakan tangan dan mencucinya dengan sabun/sanitizer setelahnya? Yang pertama tentu saja lebih tidak ribet, karena proses menyentuh sesuatu dengan tangan berkurang, otomatis frekuensi membersihkan tangan juga berkurang. Lalu apakah alatnya tidak perlu dibersihkan? Tentu saja perlu, jika ada kesempatan atau begitu sampai rumah, alat itu tentu akan dibersihkan dengan disinfektan sama seperti ketika membersihkan Handphone.

Bukankah akan sama saja kalau alat itu ditaruh dalam saku, tangan akan tetap memegang bagian yang kotor saat mengambil atau menaruh? Betul, oleh karena itu Saya menggunakan tali untuk mengalungkannya. Dengan dikalungkan, maka kita bisa memastikan hanya bagian gagangnya saja yang disentuh oleh tangan. Tentunya hal ini tetap menuntut disiplin diri agar ingat untuk selalu menyentuh bagian gagangnya saja, sama seperti disiplin untuk tidak mengusap bagian muka menggunakan tangan. Lantas dengan dikalungkan bukannya baju bagian depan yang terkena kunci itu akan kotor dan berisiko mengandung kuman/virus? Betul, namun tanpa adanya dudulator itu sekalipun, baju bagian depan kita akan sangat rentan untuk terkena kotoran/kuman/virus. Kuncinya tetap ada pada disiplin diri untuk tidak menyentuh apa yang tidak perlu disentuh.

Akhir kata, memang tidak ada alat yang sempurna, kalau ragu-ragu dan tetap memilih untuk senantiasa mencuci tangan dan menyemprot sanitizer di setiap kesempatan juga tidak apa-apa. Ini hanya alternatif saja, bukan sebuah jaminan. Dan ulasan ini juga bukan bermaksud promosi karena saya bukan penjualnya, tapi kalau berminat dan ingin menghubungi penjualnya monggo kontak saya saja atau silakan search di Google dan/atau portal belanja kesayangan anda :D.

 

This entry was posted in Celoteh, sehari-hari and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s