Mengatasi Masalah Grafik GRUB Dengan nomodeset

Disclaimer, ini posting dari, oleh dan untuk nubi, jadi mohon jangan dikomentari “baru tahu ta?” Atau sejenisnya. 😀

image

Layar Hijau

Kemarin mencoba install Ubuntu di komputer baru. Seperti biasa, langsung saja colokkan flash disk yang sudah berisi live cd Ubuntu dan nyalakan PC-nya. Setelah masuk menu Grub dan pilih “install ubuntu”, tidak berapa lama layar justru menjadi berwarna seperti gambar di atas, bergantian dengan warna merah dan biru. Setelah sesaat menikmati ilusi kepanikan, akhirnya coba-coba brosing dan ketemu solusinya.

Setelah berselancar kesana kemari, kesimpulannya masalah ada pada resolusi layar yang tidak cocok. Hal ini biasanya terjadi pada PC yang graphic card nya tidak jelas butuh driver khusus. Salah satu solusinya adalah menggunakan parameter “nomodeset” sebelum masuk ke ubuntu, sesuai petunjuk di sini, caranya adalah sebagai berikut:

image

Layar GRUB

Setelah masuk ke layar GRUB di atas, arahkan kursor dengan keyboard ke menu “Install Ubuntu”, lalu tekan “e” sehingga muncul gambar di bawah ini.

image

Konfigurasi

Lalu gunakan keyboard untuk arahkan kursor ke posisi sebelum kata kata “quiet splash”, tambahkan kata-kata “nomodeset” tanpa tanda petik sehingga parameter sebelum “—” menjadi “nomodeset quiet splash”. Setelah itu tekan Ctrl dan X atau tekan F10 untuk melanjutkan booting. Dan di tempat saya layar hijau mengerikan itu tidak muncul lagi, semoga di tempat anda juga 😀

Advertisements
This entry was posted in Komputer and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s