Mudahnya Balik Nama Kendaraan di Samsat Surabaya

Berurusan dengan Samsat di Surabaya ini memang tidak membuat sulit, setelah sebelumnya saya pernah post tentang mudahnya urus perpanjangan STNK 5 Tahunan, sekarang saya akan berbagi tentang mudahnya balik nama kendaraan. Oh iya, kali ini kebetulan kendaraannya masih satu wilayah, jadi tidak perlu cabut berkas.

Seperti biasa, yang pertama harus dilakukan adalah segera parkir kendaraan di area cek fisik, lalu menuju loket 1 di dekat pintu masuk untuk minta formulir cek fisik. Untuk balik nama yang harus disiapkan adalah BPKB, STNK, KTP pemilik baru, dan Kuitansi bermaterai 6000. Tentunya semuanya harus asli, bukan salinan. Dan jangan lupa, kalau kebetulan balik nama dengan alamat yang sama tapi beda Kartu Keluarga (KK), siapkan juga selembar salinan KK.

Setelah dapat formulir, segera kembali ke area cek fisik dan berjuang mencari petugas untuk melakukan cek fisik. Di sinilah menurut saya satu satunya titik dimana kita harus berjuang, selebihnya lebih banyak berpindah-pindah loket dan menunggu saja. Setelah proses cek fisik selesai, pindahkan kendaraan ke area parkir yang disediakan, sekalian jangan lupa fotocopy semua kelengkapan yang dibutuhkan, petugas fotocopy sudah hafal kok kebutuhannya berapa kali, dia juga sekaligus menyediakan map untuk mempermudah :D. Selesai fotocopy, langsung saya serahkan map ke petugas loket cek fisik, tunggu tidak sampai lima menit nama saya dipanggil (ya, masih pakai cara memanggil nama, bukan memakai nomor –“), langsung saja bergerak menuju ruang utama.

Masuk ke ruang utama, Langsung saja Saya menuju meja pemandu di sebelah pintu masuk untuk dipandu dan dibantu mengisi formulir. Kemudian mulailah perjalanan panjang dari loket ke loket (hiperbolik kok, tenang saja :D). Loket pertama adalah loket untuk mendapat stempel bebas blokir, di sini tidak perlu menunggu dipanggil karena prosesnya langsung. Bergeser kemudian ke loket tempat menyerahkan semua kelengkapan (kalau tidak salah loket 22). Tunggu kira kira 15-20 menit baru dipanghil dan diarahkan ke loket berikutnya. Di loket berikutnya saya diminta membayar biaya balik nama dan pajak tahunan, kemudian menunggu lagi.

Panggilan berikutnya ke loket sebelah lagi untuk membayar biaya penggantian BPKB (diminta mengambil kurleb 3 bulan kemudian), kurang lebih 5-10 menit sudah dipanggil lagi ke sebelah untuk membayar biaya STNK dan TNKB (Plat Nomor). Terakhir adalah loket pengambilan STNK dan TNKB, dan karena saya tidak seberuntung sebelumnya, maka STNK dan TNKB ternyata masih mengalami kurang stok material sehingga baru bisa diambil 3 bulan berikutnya, saya sih maklum saja, yang penting sebagai pengguna layanan, saya tidak dipingpong dan dipersulit.

Dan selesaiiii, sama seperti sebelumnya, prosesnya kurang lebih hanya 1,5 jam. Total biaya resmi yang dikeluarkan (parkir, fotocopy, dll tidak dihitung) kurang lebihnya :
1. BBN dan Pajak tahunan sesuai ketentuan tergantung kendaraan
2. Biaya ganti BPKB 100 ribu
3. biaya STNK dan TNKB 125 ribu
Dan itu semua ada kuitansi/tanda terimanya, jadi mestinya bukan pungli.

Akhir kata, semoga pelayanan di SAMSAT bisa lebih ditingkatkan, dan tidak perlu memakai jasa calo karena sekarang semuanya sudah jauh lebih mudah 🙂

Advertisements
This entry was posted in Celoteh and tagged , . Bookmark the permalink.

39 Responses to Mudahnya Balik Nama Kendaraan di Samsat Surabaya

  1. Budi utomo says:

    Klu stnk nya kehilangan…mau mengurus balik nama giman ya

  2. akhirnya ketemu juga
    tempat sim yang dicari dari tadi
    terima kasih ya

  3. rionaldo wibowo says:

    Ini balik nama ga cabut berkas ya?

  4. Lukas says:

    ini pake kwitansi kah? ato ckup dgn BPKB, STNK, dan KTP pemilik baru?

  5. wahyu says:

    Alhamdulillah.
    Tadi saya balik nama, sekalian bayar pajak 5 tahun an.
    Tidal sampe 1jam. Selesai..
    Sekarang layanan samsat makin josh..
    Cuma, material seperti plat, dan bpkb sering telat. Baru ambil 3 bulan lagi..
    Jempol untuk samsat ketintang Surabaya.

    • emaerdei says:

      Benar Pak, soal Logistik memang jadi kendala. Tapi sewaktu saya datang di waktu yang dijanjikan, barangnya benar benar sudah ada. Jadi meskipun diminta menunggu, tetap ada kepastian 😀

  6. Yodhi says:

    Permisi pak mau tanya.., di samsat mana aja bisa kan..? Atau tergantung area..? Atau harus di colombo..?

    Bagaimana jika tanpa kwitansi pembelian..? (pemberian paman)

  7. Didhiet says:

    Kalo tata cara cabut data bagaimana yah?? Sya mau Cabut data di Manyar dan ngurus Balik nama di Samsat Kedung Cowek .. Mohon info.a yah trims

    • emaerdei says:

      Hampir sama dengan 5 tahunan, cek fisik, nanti ikuti prosesnya dari loket ke loket, tidak sampai 1 hari kok 😀

      • Mario Triyoga says:

        BPKB nya di serahkan di SAMSAT ya,,? Bkn di urus sendiri di POLDA,,?
        Bsok2 klo ambil BPKB juga di SAMSAT,,??
        Thanks before

      • ratna ayu says:

        mau tanya, kalau perpanjang motor 5 tahunan, tp ganti nama pemilik dan pindah samsat dari tandes ke manyar caranya bagaimana yaa? berkas apa aja yang harus di siapin dan berapa lama prosesnya sampe selesai? makasih

  8. Lukas says:

    Mau tny nih, yg dimaksud sewilayah itu gmn ya?
    sy baru beli motor second, alamat distnk daerah manyar
    tp alamat sy daerah bubutan
    untuk Balik nama STNK + BPKB ke samsat manyar kah? ato k samsat diperak?
    mohon bimbingannya
    untuk cabut2 berkas itu maksudnya gimana ya?
    masi blm pernah ngurus gini2 sy

    • emaerdei says:

      Wilayah mengikuti KTP pemilik, kalau balik nama setahu saya harus di samsat wilayahnya karena ada cabut atau masukkan berkas. Kalau bayar baru bisa di mana mana 😀

  9. mochtarom y says:

    maaf pak mau tanya kalo STN mau balik nama gimana …….. padahal orang pemilik itu KTP nya
    sudah pindah kota

  10. Widyoko says:

    STNK Anda mati
    Mau ngurus STNK gak ada KTP
    STNK hilang
    Pajak mati gak ada KTP
    Balik nama
    Mutasi antar Samsat
    Mutasi keluar dan masuk Jatim

    Hubungi : widyoko
    Telp/whatsapp 082117499948
    Pin bb 5CFA8D82

    Pasti semua beres harga murah dan aman

  11. dewi says:

    mau tanya, balik nama kendaraan orang tua ke atas nama anak tapi ktp asli orang tuanya tidak ada cumak ada fotocopy saja karena sudah meninggal sekaligus bayar pajak kendaraan bagaimana cara mengurusnya??

  12. basori alwi says:

    Kedungdoro itu termasuk wilayah Samsat mana???

  13. hosen says:

    Kalau pemilik lama masuk samsat manyar. Dan pemilik baru masuk samsat kedung cowek apakah harus cabut berkas disamsat manyar atau langsung ke samsat kedung cowek
    Kalau cabut berkas di manyar apakah harus lapor ke polda

  14. Helena Cancer says:

    Siang….mau tanya klu sy mau mutasi kendaraan tanpa balik nama apa hrs ke Polda juga?

    • emaerdei says:

      Siang, sependek pengetahuan saya, kalau mutasi pindah samsat yang masuk ke ibukota provinsi tetap perlu ke Polda, tapi lebih baik ditanya langsung ke Samsatnya 🙂

  15. Damar says:

    Kalo bpkb saya d samasat daerah suramadu surabaya… Lalu 4bulan saya lupa ambil bpkb Yg sudah saya perbarui… sampe 1th blum saya ambil.. ..gimana cara saya melacaknya pak…

  16. ierwinsteffan says:

    klu thn ini fotocopy brp kali ?
    klu balik nama stnk , bpkb dll

  17. newbee says:

    mati 2015 tapi berkas sudah dicabut itu bagaimana ya mohon pencerahan nya ….

  18. Siswanto says:

    Berapa lamakah peroses penerbitan bpkb mobil setelah balik nama

  19. Bhoeno Comz says:

    Saya beli motor Bekas Plat Surabaya masih sampai 2020.
    Alamat saya masih di Surabaya juga. tapi ada rencana mungkin kurang lebih 1 tahun kedepan pindah alamat ke SIdoarjo.
    Untuk BPKB Saya balik nama sekarang ikut KTP Surabaya atau sekalian nunggu pindah Sidoarjo yah ?
    Mohon masukannya Emaerdei

    • emaerdei says:

      Proses balik nama dan proses merubah ke alamat baru itu kurang lebih sama kok, ndak tahu lagi kalau tahun tahun depan ada perubahan kebijakan.

      Jadi ilustrasinya:
      kalau dibalik nama sekarang, tahun 2022 balik nama lagi ke sidoarjo

      Kalau dibalik nama tahun depan, tahun 2023 perpanjangan lima tahunan

      Kalau nunggu 2020 baru dibalik nama, tahun 2025 perpanjangan 5 tahunan

      Jadi sebetulnya secara proses hampir sama, tinggal mau melakukannya tahun berapa saja, karena seiring perubahan tahun mungkin saja ada kenaikan/penurunan biaya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s