Pembasmi Semut Alami Dengan Jeruk Nipis

image

Semut, hewan kecil yang terorganisir rapi layaknya laskar para smurf, akhir akhir ini sedang tidak akur dengan saya. Mereka datang menyerbu dan menghuni sakelar lampu, baju, celana, celana dalam, lemari sampai kasur. Sebenarnya mudah saja sih kalau mau menyemprot dengan semacam Baygon, fumakila atau hits, tapi akan menyulitkan dan beresiko pada pernafasan (terutama kalau ada anak kecil). Akhirnya saya coba saja cara yang alami yaitu Jeruk Nipis.

Alat yang dibutuhkan cukup sebuah semprotan tanaman (contohnya seperti gambar diatas) atau semprotan obat nyamuk. Peras jeruk nipis, pisahkan bijinya kemudian tuang ke dalam semprotan. Hasilnya sudah diuji dan cukup memuaskan. Semut yang terkena semprot akan mati, sedangkan permukaan yang telah disemprot bertahan cukup lama untuk tidak dilewati semut lagi.

Hanya saja entah kenapa, cara ini tidak awet untuk tembok. Semut di tembok yang kena semprot memang langsung mati, tapi tidak sampai satu jam sudah dilewati rombongan baru lagi. Sebaliknya, jeruk nipis ini cukup efektif untuk lantai, jendela, meja dan lemari. Kalau tidak keberatan dengan sensasi lengket dan aromanya, bisa juga disemprotkan ke pakaian. Oh iya, tidak disarankan juga untuk menyemprot ke permukaan yang terbuat dari besi yamg tidak terlindungi cat.

Terlepas kekurangan dan kelebihannya, jeruk nipis ini salah satu alternatif alami yang cukup bagus untuk mengusir semut. Satu kg jeruk nipis (di supermarket sekitar 14.000) kira kira bisa diperas menjadi 200-300 ml. Selain efektif, resiko untuk pernafasan juga lumayan (asal tidak alergi) lebih aman daripada obat nyamuk konvensional sehingga tidak ada salahnya dicoba.

Advertisements
This entry was posted in Celoteh, sehari-hari and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s