Hemat Baterai Dengan Greenify

Pemakai gadget alias gawai berbasis android yang tidak premium (baca kelas atas) umumnya mengalami masalah seputar memori kurang, baterai boros (kelas atas juga sih), dan pengoperasian yang tidak gegas (lag). Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan aplikasi Greenify. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Playstore dan ada juga versi berbayarnya.
Secara singkat, yang perlu saya atau pengguna awam tahu, aplikasi ini bekerja dengan cara membungkam aplikasi/layanan yang tidak kita inginkan berjalan di balik layar. Contoh, kalau anda klik di menu settings->apps anda akan lihat ada banyak aplikasi yang tidak sedang dibuka yang berjalan di belakang layar dan memakan memory (bahkan paket data) anda seperti facebook dan dropbox misalnya. Dengan Greenify, layanan layanan itu akan dimatikan. Aplikasi yang dipilih hanya akan berjalan kalau anda membukanya dengan menekan ikon aplikasi tersebut.

Greenify adalah aplikasi yang butuh akses root, untuk yang belum di root ada versi eksperimen yang masih tidak stabil. Penggunaannya cukup mudah dan ramah guna. Setelah install dari Playstore, tinggal jalankan aplikasi, berikan akses root, Greenify akan menampilkan daftar aplikasi yang berjalan di balik layar, Kita tinggal pilih mana aplikasi yang tidak diperlukan jalan di balik layar, dan selesai. Oh iya, pastikan aplikasi yang dihibernasi bukan aplikasi yang anda perlukan untuk selalu jalan (misal whatsapp, email, alarm).

Manfaat penggunaan Greenify ini buat saya (tiap orang mungkin berbeda) nyata. Selain masalah kegegasan penggunaan, yang paling terasa adalah baterai yang jadi lebih hemat. Dengan pola penggunaan yang sama (SMS, telp, chatting, email), dari yang semula cabut charger jam 7 pagi sudah minta diisi jam sekitar jam 1-2 siang, sekarang baterenya bisa bertahan sampai jam 6-7 malam. Bagi saya ini kemajuan besar, meskipun ada harga yang harus dibayar. Kalau charge siang, saya bisa melakukannya sambil bekerja, sekitar tengah malam atau dini hari baru colok lagi dan jam 7 pagi siap pakai. Nah gara gara baterai jadi lebih hemat, siklus pengisian daya ini jadi agak kacau :D.

Selamat mencoba šŸ™‚

Advertisements
This entry was posted in Gadget, Review and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s