Transcendence

Manusia takut pada sesuatu yang tidak mereka pahami

Quote di atas mungkin bisa mewakili film Transcendence yang dibintangi oleh Kangmas Jack Sparrow alias Johny Depp. Tokoh utama yang diperankan, tidak normal seperti peran beliau biasanya (Jack Sparrow, Mad Hatter, Willy Wonka, dll), Will Caster adalah seorang Ilmuwan yang kelewat jenius. Usahanya mengembangkan kecerdasan buatan yang memiliki kesadaran layaknya manusia, namun dilengkapi infrastruktur canggih dan terhubung dengan seluruh database di dunia, harus dibayar dengan nyawanya saat sekelompok teroris anti kecerdasan buatan membunuhnya.

Dengan bantuan istrinya, dia mengunggah seluruh isi otaknya ke dalam sistem komputer dan menjadi semacam Skynet. Dengan dukungan data dari seluruh dunia, dia dengan mudah mengembangkan teknologi nano (nanotech) dan melakukan hal hal yang transendental seperti menyembuhkan berbagai penyakit dan cacat, menumbuhkan kembali hutan, membersihkan polutan, bahkan hal hal yang remeh seperti mengidentifikasi seluruh anggota jaringan teroris atau bermain saham :p. Kemampuan barunya inilah yang memantik ketakutan rekan rekannya dan FBI, mereka tidak percaya bahwa sistem baru ini adalah benar benar Will dan ngeri membayangkan hal hal berbahaya apa saja yang mungkin akan dia lakukan. Benarkah dugaan mereka? Silahkan tonton sendiri :D.

Film ini mencoba mereka-reka hal-hal yang selama ini mungkin diharapkan manusia seperti mungkinkah otak manusia disalin ke dalam komputer? Atau benarkah teknologi nano bisa membuat manusia berlaku seperti Tuhan? Apakah tidak ada kelemahannya?. Jawaban versi sutradara bisa anda lihat sendiri di film ini. Ataukah film ini memang dibuat berdasarkan sesuatu yang sudah ada? Hehe siapa yang tahu apa saja di balik laboratorium laboratorium canggih di “sana”? Kalau menyadap seluruh dunia dan membongkar kunci RSA bisa dilakukan, siapa tahu…….. :D. Yang jelas, setelah menonton film ini, Skynet jadi tampak begitu kuno di mata saya hehehe.

Pesan moral yang saya tangkap, terlepas apakah memang itu tujuan dari si pembuat film, adalah perlunya kita waspada terhadap teknologi dan jangan terlalu tergantung, kita tidak tahu sampai kapan mereka akan setia pada kita atau berfungsi dengan normal. Kita juga harus siap seandainya sewaktu waktu mereka disalah gunakan atau menyalahgunakan diri sendiri :).

Advertisements
This entry was posted in Review and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s