Don’t Rich People Difficult

Don’t rich people difficult, kalau diterjemahkan secara kata per kata, kurang lebihnya adalah “jangan kaya orang susah” (jangan seperti orang susah). Idiom ini sudah sering saya dengar dari kecil, tapi penggunaan bahasa inggrisnya baru akhir akhir ini saya tahu dari seorang pakar gadget (yang tidak dibayar per jam seperti pakar pakar kemaruk itu tentunya :D). Kurang lebih artinya kita sudah sama sama tahu, jangan bertingkah seperti orang susah/tidak mampu. Kata kata ini sering digunakan untuk menyindir menghina orang yang suka membuat masalah menjadi rumit atau meributkan hal hal yang sepele (barang murah misalnya). Tapi entah kenapa akhir akhir ini idiom tersebut sering sekali disalah gunakan.

Jangan kaya orang susah, tentunya orang yang pantas menerima ucapan ini adalah orang yang memang hidupnya tidak kesusahan. Misalnya ditujukan pada orang kaya yang terus menerus mengeluh dan memaki maki bus kota yang terlambat datang padahal dia ada janji penting. “Naik taksi lah, jangan kaya orang susah”, ucapan itu yang mungkin akan keluar. Yang perlu disadari, ditujukan pada objek yang tepat pun, ucapan ini potensi menyinggung perasaannya sudah besar, apalagi kalau salah alamat.

Puncak kejengkelan saya adalah ketika melihat beberapa (yang saya tahu, yang tidak saya tahu mungkin lebih banyak) seleb sosmed orang yang memiliki banyak teman/follower di media sosial mengatakan kata kata sejenis (tidak verbatim) “ngapain sih pada antri BBM, selisih dua ribu aja diributkan, jangan kaya orang susah lah“. Wow, sebuah ucapan yang saya doakan semoga niatnya bercanda. Sungguh, orang sebejat saya pun merasa betapa bejatnya ucapan seperti itu dikeluarkan di media yang dibaca orang banyak. Kita semua bebas mendukung kenaikan, ketetapan maupun penurunan harga BBM, itu adalah konsekuensi coba coba berdemokrasi, tapi cobalah berempati sedikit. Kalau anda merasa, ya saya sarankan anda segera meminta maaf secara terbuka pula, kalau tidak… ya sudah, saya hanya mengingatkan bahwa dunia itu berputar.

Say that to rich people, you’re a smartas*.
Say that to difficult people, you’re an as*hole

Advertisements
This entry was posted in Celoteh, sehari-hari and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Don’t Rich People Difficult

  1. Rudi Tanaga says:

    mantab sekali tulisannya mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s