Alternatif Solusi USB Tidak Dikenali Pada Windows

Port USB memang sering sekali digunakan, mulai dari flesdis, hardisk external, card reader sampai Smartphone pernah mencicipi lubang ini. Umumnya port USB ini sejak Windows XP dan seterusnya sifatnya adalah layanan cucuk dan main (plug and play) dalam artian tidak perlu melakukan instalasi tambahan untuk dapat menggunakan piranti yang dicolok ke port USB tersebut. Namun shi* happens, ada kalanya flesdis kesayangan kita dengan 6 giga koleksinya mendadak tidak dikenali. apabila menghadapi kejadian seperti itu, alternatif solusi ini mungkin bisa dicoba.

Sebelum mencoba cara ini, pastikan terlebih dahulu bahwa:

  1. piranti USB anda bisa dikenali di komputer lain, bila tidak, ada kemungkinan memang flesdis atau hardisk external anda yang rusak
  2. piranti USB anda saat dicolokkan ke PC/laptop anda menunjukkan tanda kehidupan (bergetar/lampu menyala), ini untuk menguji apakah port USB anda bekerja dengan baik, selain itu jugacoba tancapkan piranti USB anda ke semua port USB yang ada dan pastikan kalau memang tidak dikenali

Setelah itu, yang perlu dilakukan adalah buka start menu, pada icon bertuliskan “my computer” atau “computer” atau sejenisnya klik kanan kemudian pilih “properties”. Dalam menu tersebut pilih opsi “device manager”

Sejumlah perangkat yang terhubung akan tampil, kemudian cari perangkat anda (biasanya bernama universal serial bus bla bla bla atau usb bla bla bla) yang berwarna kuning dengan tanda seru (lihat gambar dibawah, contoh saya namanya mass storage ……….)

image

Setelah itu klik kanan pada icon tersebut dan pilih “update driver software” (lihat gambar dibawah).

image

Setelah itu pilih opsi “search automatically bla bla bla” seperti gambar dibawah, kemudian tunggu dan perangkat USB anda akan segera dikenali.

image

Bila cara diatas tidak berhasil, ada beberapa alternatif lain yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah dengan mengulangi prosedur update driver, tapi pada saat memilih metode pilihlah opsi kedua yang berbunyi “browse my computer for driver software”. Kemudian pilih opsi “let me pick from a list bla bla bla”, sistem kemudian akan menampilkan kotak dengan judul “model” dan ada satu atau lebih item dibawahnya, klik item tersebut dua kali dan tunggu prosesnya.

Cara kedua apabila cara diatas masih gagal juga, ya apa boleh buat, anda sepertinya harus melakukan instalasi ulang driver driver anda. Biasanya hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan cd driver yang didapat saat membeli PC/laptop atau dengan mengunduh sendiri driver yang diperlukan.

Advertisements
This entry was posted in Komputer and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s