Cara Install Driver Gadget, ADB dan Fastboot di Linux

Disclaimer, ini posting dari, oleh dan untuk nubi, jadi mohon jangan dikomentari “baru tahu ta?” Atau sejenisnya. 😀

Tools yang digunakan untuk mengoprek-oprek gadget android kebanyakan berbasis Windows. Driver yang disediakan bawaan gadget pun umumnya juga berbasis windows. Kalau kebetulan anda jauh dari windows dan menggunakan linux, jangan khawatir, umumnya tools untuk mengoprek tidak jauh-jauh dari ADB (Android Debug Bridge) dan Fastboot. ADB umumnya digunakan untuk mengakses isi gadget kita lewat komputer, menjalankan perintah-perintah yang cukup banyak sehingga lebih enak dilakukan lewat komputer, memasukkan/mengambil data dari dan ke komputer, dan masih banyak lagi. Untuk menggunakan ADB, gadget harus terlebih dahulu diaktifkan fitur “usb debugging” yang ada dalam settingnya. Fastboot, tidak memerlukan aktifasi menu apa-apa, cukup nyalakan gadget ke dalam mode fastboot dengan menekan kombinasi tombol tertentu dan anda sudah bisa mulai melakukan hal-hal yang anda inginkan.Nah berikut ini cara untuk melakukan instalasi driver, ADB, dan Fastboot di linux.

Instalasi Driver
Saya tidak tahu, sebenarnya sih tidak ada driver yang diinstall, proses ini hanya berusaha mengarahkan komputer untuk bisa mengenali perangkat yang ditancapkan. Saya kebetulan menggunakan Ubuntu, di Ubuntu yang perlu dilakukan adalah mengedit rule di udev dengan menambahkan perangkat yang kita inginkan. Langkah-langkahnya adalah:
1. Buka terminal
2. ketikkan “lsusb”
3. sambungkan gadget anda ke komputer, ketik kembali “lsusb”, perhatikan list yang berbeda sebelum dan sesudah anda menghubungkan gadget ke komputer (lihat gambar di bawah) dan ingat angka angka sebelum dan sesudah tanda “:” setelah “ID”.
lsusb
4. ketikkan “sudo gedit /etc/udev/rules.d/51-android.rules”
5. masukkan line baru berikut dalam file “ATTR{idVendor}==”04e8″, ATTR{idProduct}==”6860″, MODE=”0666″” dimana idVendor adalah 4 digit angka pertama dan idProduct adalah empat digit angka kedua. Save file dan keluar
6. restart udev dengan “sudo service udev restart”

Instalasi ADB dan Fastboot
Langkah-langkahnya cukup sederhana, anda cukup mengunduh file yang dibutuhkan dan membuatnya executable. untuk singkatnya, langkah-langkahnya adalah:
1. Unduh Filenya di sini, kemudian ekstrak file tersebut.
2. pastikan file bisa dieksekusi dengan perintah “sudo chmod +x namafolder/adb” dan “sudo chmod +x namafolder/fastboot”

Selesai, untuk menguji apakah perangkat anda sudah terdeteksi, anda bisa lakukan pengecekan dengan perintah “./adb devices” dari dalam direktori tempat anda meletakkan file adb. apabila belum, coba pastikan kalau usb debugging di perangkat anda sudah diaktifkan. Untuk fastboot juga sama, jalankan perintah “./fastboot devices” dari dalam direktori file fastboot. Apabila belum terdeteksi, pastikan perangkat anda sudah masuk ke dalam mode fastboot.

Advertisements
This entry was posted in Gadget, Komputer and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s