Mengatasi Error 24 Saat Install Aplikasi Android

image

Mereka yang gemar bongkar pasang aplikasi di gadget/gawai androidnya mungkin pernah mendapatkan pesan kesalahan/error seperti pada gambar di atas. Sangat menyebalkan ketika sudah menghabiskan waktu untuk mengunduh aplikasi dari Playstore dan ternyata aplikasi gagal terpasang. Kedongkolan itu bisa berlipat ganda kalau proses mengunduh menggunakan paket data yang berbasis quota :D. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi error tersebut tergantung kondisi gadget anda telah di-root atau belum.

Pesan error tersebut biasanya terjadi kalau ada aplikasi yang proses uninstall-nya kurang sempurna atau ada aplikasi yang hilang secara paksa maupun gaib dari gadget android anda. Dalam hal ini, yang terjadi pada Saya adalah ada sejumlah aplikasi yang mendadak hilang setelah ponsel saya terjatuh. Mendadak aplikasi aplikasi tertentu ketika diklik iconnya muncul errorapp not installed“. Ketika coba di-install ulang, muncul pesan error seperti diatas. Intinya, pada partisi /data di ponsel anda masih terdapat file file data aplikasi tersebut meskipun aplikasi itu sudah tidak ada. Agar bisa melakukan instalasi, maka file-file data tersebut harus dihapus. Untuk melakukannya ada tiga cara:

1. Dengan File Explorer atau ADB(root)
Cara ini membutuhkan hak akses root dan file explorer yang dapat menggunakan akses root seperti Root Explorer (berbayar) atau ES Explorer (gratis). Anda cukup mengakses folder “/data/data” kemudian cari folder dengan nama aplikasi yang tidak bisa di-install tadi, misalnya “com.whatsapp*”, dan hapus folder itu. Masalah selesai.

Untuk yang merasa gak seru kalau gak pakai komputer, cara ini bisa dilakukan juga dengan ADB (Android Debug Bridge). Cukup ketikkan perintah “rm -r /data/data/folderaplikasinya” dan masalah selesai, tentunya dengan sebelumnya mengetikkan “su” untuk mendapat akses root.

2. Factory Reset
Kalau anda tidak punya akses root, dan tidak mau me-root gadget anda. Factory Reset adalah jalan yang bisa ditempuh, karena proses ini juga akan menghapus data-data aplikasi. Tapi ingatlah sebelumnya, semua data dan aplikasi tambahan lain yang bukan bawaan pabrikan akan hilang. Pikirkanlah baik-baik sebelum melakukannya.

Atau, mungkin bisa dicoba dengan sebelum melakukan factory reset terlebih dahulu back up data data aplikasi anda dengan aplikasi yang tidak butuh akses root seperti Helium. Saya terus terang belum pernah mencoba aplikasi ini tanpa akses root, tapi aplikasi ini mengatakan kalau dia bisa berjalan akses tersebut, jadi Do It With Your Own Risk :D.

Selamat mencoba

Advertisements
This entry was posted in Gadget and tagged , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Mengatasi Error 24 Saat Install Aplikasi Android

  1. Marco says:

    Makasih gan
    sangat membantu

  2. noer says:

    mntap sngat membantu sy udh coba yg no 1
    thaxs gan

  3. win says:

    Pake factory reset masih gak bisa gan

    • emaerdei says:

      Kalau jurus terakhir factory reset gak mempan, kuatirnya ada masalah di firmwarenya Gan, jadi mending dibawa ke service centre aja buat di flash ulang. Kalau masih belum bisa, kemungkinan terburuk ya ada masalah di hardwarenya. 🙂

  4. L. Rasta says:

    terima kasih membantu, namun mungkin lebih baik pake X-plore . mudah mudahan bisa jadi info bg teman yang lain

  5. Arif Al Ghifari R says:

    Mantap kan makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s