Alasan Root Android

Pemakai android tentunya pernah mendengar istilah “root”, meskipun belum tentu pernah bernyali melakukannya. Wajar saja, selain resiko pertama kehilangan garansi (kalau anda jujur pada service center kalau pernah diroot), masih banyak resiko lain seperti ponsel/tablet jadi tidak stabil, suka restart sendiri, sampai mati total. Lantas dengan resiko sekejam itu kenapa masih ada orang awam seperti saya yang nekat ngeroot ponsel/tabletnya?.

1. Suara Kamera
Ada beberapa ponsel yang suara kameranya tidak bisa dimatikan, bahkan ada yang suara kameranya agak lebay dan sangat menarik perhatian. Dengan diroot, suara itu bisa dimatikan. Tapi ingat, sebelum anda asal memfoto diam diam, terutama objek yang menunjukkan wajah orang dan hendak anda publikasikan, baca dulu Undang-Undang Hak Cipta.

2. Mengganti Font
Beberapa ponsel sudah dilengkapi opsi untuk merubah font meskipun terbatas, sebagian besar tidak sama sekali. Dengan root, anda bisa mengubah ubah font di acang anda baik secara manual maupun menggunakan aplikasi seperti Font Installer

3. Mengganti Theme dan Tampilan
Bosan dengan gambar baterai yang itu itu saja? Tidak suka dengan background menu yang polos? Ingin peringatan lowbat diucapkan oleh artis bokep kesayangan anda? Itu semua bisa anda lakukan, baik manual maupun dengan menginstall karya orang lain yang sudah diijinkan. Salah satu aplikasi yang populer untuk theming ini adalah xposed. Bahkan yang terbaru xposed ini sudah mendukung sistem multi windows meskipun terbatas di beberapa acang saja.

4. Install Custom ROM/Kernel
Dengan menginstall custom ROM atau kernel, anda tidak perlu repot repot mengganti semua keinginan anda secara manual. Cukup anda cari saja Custom ROM/Kernel yang sesuai kemauan anda dan install :D. Modifikasi Custom Kernel biasanya menarik, seperti bisa memberikan kemampuan membaca USB OTG (flesdis, hardisk), melakukan swipe to wake/sleep (menyalakan atau mematikan layar dengan menyapukan jari), undervolt untuk lebih menghemat baterai, dan masih banyak lagi.

Sebetulnya masih ada banyak lagi keuntungan meroot seperti meningkatkan kualitas file gambar hasil kamera, mengatur cahaya tombol kapasitif, merubah kepadatan layar, de el el. Tapi yang umum dilakukan pengguna awam seperti saya yang nekat ngeroot ya empat hal diatas :D.

Selamat mencoba, dan ingat, Do it With Your Own Risk (DWYOR) 🙂

Advertisements
This entry was posted in Gadget. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s