BBM Naik, Paling Realistis

Sembari menunggu kejujuran dan keterbukaan dari siapapun pihak yang ikut campur agar harga BBM naik, sambil ngupil mari kita berandai andai mengenai kemungkinan opsi lain kalau BBM gak jadi naik. Alternatif yang sudah banyak disuarakan seolah tidak digubris, benarkah begitu? Coba kita iseng bahas satu persatu ala lesehan, tidak perlu mengundang akademisi dan orang pintar yang dibayar per jam.

1. Potong gaji, fasilitas dan tunjangan DPR
Opsi ini bagus, tapi nyaris tidak mungkin dilakukan, bisa bisa APBN tidak kunjung disahkan 😀

2. Potong gaji, fasilitas dan tunjangan Pegawai
Seperti opsi nomor satu, kalau dilakukan kebijakan ini bisa menimbulkan gejolak di kalangan pegawai negeri dan bisa merusak suasana kondusif kantor kantor pemerintah :p

3. Hapus atau kurangi dana pensiun
Jumlahnya sebetulnya cukup besar, tapi nanti pemerintah akan menghadapi hujatan sebagai pemerintah yang tidak menghargai kerja keras para pegawainya serta dicap tidak manusiawi oleh para laskar pejuang HAM 😀

4. Naikkan Pajak Kendaraan Pribadi
Siap siap saja menghadapi protes dari para orang kaya dan para produsen kendaraan kalau berani menerapkan kebijakan ini. Belum lagi protes masyarakat menengah ke bawah yang menjadikan kendaraan pribadi sebagai sandaran usaha.

5. Batasi jumlah kendaraan
Kurang lebihnya sama dengan nomor 4 di atas

6. Naikkan cukai rokok
Gelombang protes dari para produsen rokok besar dan kecil diprediksi bakal deras. Hal ini juga akan diperparah ancaman ancaman untuk melakukan PHK terhadap ribuan tenaga kerjanya.

7. BBM subsidi hanya untuk orang miskin
Kebijakan yang bagus, tapi infrastruktur saat ini jelas belum mumpuni karena belum didukung regulasi yang jelas mengatur punishment and reward baik kepada produsen, distributor maupun konsumen.

8. Sita harta koruptor
Kebijakan ini tidak berhubungan langsung dengan APBN jadi kurang relevan dibahas :p

Sebetulnya masih banyak alternatif alternatif lain seperti perampingan belanja operasional, evaluasi standar satuan harga yang digunakan dll, tapi karena yang menyuarakan tidak deras, ya tidak saya bahas disini. Dari uraian diatas semakin jelas bahwa menaikkan harga BBM adalah solusi yang paling bisa dilakukan saat ini untuk menyelamatkan APBN (dengan segala resikonya tentunya 😀 )

Advertisements
This entry was posted in Celoteh, sehari-hari and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s