Sayangi Baterai Android, Jangan Rakus Notifikasi

Hemat Baterai Android, ya! Kalimat seperti itu merupakan keyword yang seting dicari para pengguna android. Android selama ini selain kehebatan dan kecanggihannya, juga terkenal dengan baterainya yang boros. Berikut ini cara cara memperpanjang umur baterai Android yang bisa saya kumpulkan dari berbagai sumber dan hasil coba coba sendiri.

1. Cara Mudah
a. Matikan koneksi data dan layar saat tidak digunakan. Koneksi data dan layar adalah pemakan baterai paling besar.

b. Matikan GPS dan bluetooth saat tidak difungsikan.

c. Saat tidak butuh koneksi data, set network ke 2G only

d. Matikan auto sync, kalau anda butuh selalu terhubung ke dunia maya seperti whatsapp, fesbuk dll maka cara ini tentunya bukan pilihan.

e. Jangan gunakan auto brightness, gunakan brightness minimal saat dalam ruangan dan gunakan brightness secukupnya di luar ruangan.

f. Jangan aktifkan notifikasi yang sering muncul, misalnya email dengan traffic yang tinggi sehingga setiap menit ada email masuk, cukup diaktifkan auto syncnya saja tapi tidak perlu notifikasi. Terlalu sering memunculkan notifikasi akan menghabiskan baterai anda. Hasil percobaan dengan setting lain sama hanya beda di notifikasi email menunjukkan selisih pemakaian hingga 4-6 jam.

g. Jangan sync aplikasi yang tidak penting untuk diupdate, misalnya game, atau newsfeed yang sifatnya in depth, atau aplikasi lain yang sebetulnya tidak butuh koneksi internet tapi senantiasa terhubung untuk berbagai alasan seperti validasi license, misalnya rom toolbox.

2. Cara tidak mudah
Gunakan aplikasi pihak ketiga seperti tasker, juice defender dll. Aplikasi tersebut juga dapat melakukan tugas tugas seperti cara mudah diatas, tapi dengan beberapa kelebihan antara lain:
a. Bisa dibuat otomatis, jadi anda bisa dengan mudah mengatur misalnya koneksi data otomatis off bila ada wifi, atau mengaktifkan airplane mode pada jam tidur dan masih banyak lagi.

b. Selektif, anda bisa tetap mengaktifkan opsi auto sync dan background data tetapi anda bisa memilih aplikasi mana saja yang boleh melakukan koneksi internet.

Silahkan dicoba, kalau masih boros juga, anda masih ada pilihan untuk membeli powerbank, baterai yang lebih besar atau extended battery case 😀

Advertisements
This entry was posted in Gadget, sehari-hari and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s