Komparasi File/Folder dengan Meld

Disclaimer, ini posting dari, oleh dan untuk nubi, jadi mohon jangan dikomentari “baru tahu ta?” Atau sejenisnya. 😀

Sudah bukan berita baru kalau Smartfren Andromax U telah mendapatkan Update ke OS Jelly Bean 4.1.2. Nah proses updatenya bisa dilakukan secara manual maupun bagi mereka yang tidak mau repot silahkan dibawa ke Gallery Smartfren terdekat (Kalau sudah bisa :P). Yang bikin sebal dari update ini adalah begitu cepatnya revisi-revisi dikeluarkan, mulai dari Jelly Bean versi “1.1c”, “1.1e” dan bahkan sekarang ada versi “2.0a”. Kenapa menyebalkan? karena setiap updatenya harus didownload berupa ROM utuh berukuran sekitar 300MB. Konsekuensinya tentunya adalah proses update ini akan menghapus seluruh data yang sudah ada. Karena iseng ingin mengetahui perbedaan dari setiap versi, akhirnya saya justru menemukan “Meld“, sebuah program berbasis “diff” yang sangat berguna untuk melihat perbedaan antar versi.

Meld berguna sekali untuk membandingkan antara satu atau lebih File/Folder. Yang lebih menyenangkan lagi, Meld sudah dilengkapi dengan tampilan antarmuka yang menarik dan sangat user friendly sehingga kita tidak perlu repot repot mengetik melainkan cukup klak klik klak klik saja dengan mouse dan hasilnya sudah langsung bisa dilihat. Selain untuk membandingkan ROM, Meld juga bisa digunakan untuk manfaat manfaat lain seperti membedakan produk baru dalam katalog produk, atau membandingkan lampiran lampiran surat yang telah mengalami proses revisi dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Kalau ingin mencoba menggunakan Meld, bisa dicoba langkah-langkah berikut, tapi sayangnya sekali lagi Meld ini masih berbasis Linux (Kalau di Windows ada banyak program sejenis ini 😀 )

1. Instalasi
Seperti biasa, sebelum bisa menggunakan kita harus melakukan proses instalasi terlebih dahulu, silahkan buka terminal dan ketikkan

sudo apt-get install meld

tunggu prosesnya sambil mendengarkan Murottal 😀

2. Jalankan Meld
Klik icon meld pada daftar aplikasi anda dan anda akan mendapati halaman depan pada layar anda. Klik icon yang ada tanda “+” untuk mulai membandingkan folder (lihat gambar, pada gambar di kiri ada dua folder 1.1c dan 1.1e yang akan kita bandingkan) kemudian pilih kedua folder tersebut masing-masing 1.1c untuk “original” dan 1.1e untuk “mine” (lihat gambar sebelah kanan)

foldernyaawal

Setelah memilih folder selesai, klik OK dan hasilnya akan keluar seperti gambar di bawah ini.

bedanya

Dalam tampilan ini terdapat 3 filter yang dapat diaktifkan, “same”,”modified” dan “new”. “same” akan menampilkan file yang sama dengan warna hitam, sedangkan “modified” akan menampilkan file yang bernama sama tapi telah mengalami perubahan dengan warna merah (lihat gambar atas). Adapun “new” adalah menampilkan file yang benar-benar berbeda, file yang ada di folder sebelah dan tidak ada di folder asli akan dicoret, sedangkan file yang ada di folder asli dan tidak ada di folder sebelah akan berwarna hijau (lihat gambar dibawah).

bedanya2

Cukup mudah kan, selamat mencoba… jauhi narkoba, sayangi keluarga, dan jangan jadi PARANOID HAKI 😀

Advertisements
This entry was posted in Komputer, sehari-hari and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s