Software Restoran Sederhana

Ingin buka restoran? kurang gaul rasanya kalo kasirnya tidak menggunakan aplikasi komputer bahkan masih pakai kasir jaman penjajahan belanda. Di era yang begitu paranoid soal Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) ini menggunakan aplikasi bajakan tentu bukan pilihan yang bijak šŸ˜› . membeli software yang berbayar dengan harga yang tidak sebanding dengan performanya juga memiliki banyak resiko seperti kita harus menerima apa adanya dan tidak bisa melakukan modifikasi sesuai kemauan kita (dengan catatan kita memiliki kemampuan untuk itu tentunya šŸ˜› ). Bagi yang mengalami masalah seperti ini, mungkinĀ restobizĀ bisa menjadi alternatif solusi.

Aplikasi yang berjalan baik pada platform Windows maupun Linux ini cukup mewadahi kebutuhan sebuah restoran atau rumah makan. Fungsi-fungsi transaksi dasar yang dibutuhkan seperti membuat daftar menu, transaksi, bahkan laporan berdasarkan statistik sudah terpenuhi. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan manajemen user, pengaturan shift kerja dan pengaturan hak akses pengguna dan pencatatan keuangan diluar proses transaksi jual beli (bayar preman misalnya šŸ˜› ). Hanya saja restobiz belum mewadahi mengenai kebutuhan mengatur stok barang, namun masalah tersebut bisa diatasi dengan menambahkan modul tersendiri atau aplikasi terpisah dengan database yang sama.

Yang paling penting, aplikasi ini dikembangkan dengan serba Open SourceĀ (bukan gratis loh :P) dan pengembangnya juga bukan orang yang Alay soal HAKI sehingga kita diberi kebebasan untuk menggunakan software tersebut dan melakukan modifikasi sesuai kemauan kita. Kita hanya perlu mengeluarkan biaya untuk berlangganan internet dan men-downloadĀ aplikasi tersebut.

Sebagaimana lazimnya, tentu tidak ada barang gratis yang begitu saja, untuk bisa menggunakan restobiz, kita harus melakukan beberapa proses instalasi yang tidak semudah aplikasi berbayar. Adapun yang dibutuhkan adalah:

  • Java Runtime Environment (JRE)
  • Apache Web Server
  • MySql Database

Kurang lebih, urut urutan proses menggunakan restobiz adalah sebagai berikut:

  1. Install JRE, Apache Web Server dan MySql
  2. Jalankan Apache dan MySql
  3. Masuk ke browser (firefox etc) ketikkan “localhost/phpmyadmin”
  4. Create user baru yang akan anda gunakan (misal “resto”) dengan cara klik prvilege>add new user, Jangan lupa pilih opsi “Create database with same name and grant all privileges”
  5. masuk ke dalam directory restobiz
  6. jalankan start.bat (untuk windows) atau start.sh (untuk linux)
  7. Setup Database, masukkan username, password, dan nama database
  8. jalankan program kembali, tadaaaa…. restobiz siap digunakan

Untuk Apache dan Mysql bisa didapatkan dengan meng-installĀ XAMPP, Sedangkan untuk JRE tinggal tanya saja ke paman google šŸ˜€ . Dari sini sudah terlihat bahwa restobiz dikembangkan dengan bahasa pemrogramanĀ Java, oleh karena itu jika ingin melakukan modifikasi maka gunakanlah editor Java seperti Eclipse atau Netbeans. Adapun Report-report dibuat menggunakanĀ Jasper ReportĀ versi 3.5.2, jadi kalau hendak meng-edit tampilan report, pastikan editor jasper (IreportĀ misalnya) yang anda gunakan memakai versi 3.5.2 atau sebelumnya. Bila ingin menggunakan versi yang lebih baru maka anda harus menambahkan library jasper report terbaru dan meng-compile ulang restobiz šŸ˜€

Selamat menikmati šŸ˜€

*terinspirasi dariĀ SiniĀ dan Kanjeng AmirĀ *

Advertisements
This entry was posted in Komputer, sehari-hari and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s